Pendidikan Guru Sekolah Dasar
VISI
Menjadikan Prodi PGSD sebagai Pencetak Tenaga Pendidik, Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang Profesional dan Berkarakter di Bidang ke-SD-an Bertaraf Nasional pada Tahun 2025.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bertumpu pada pembentukan karakter positif dan pengembangan kompetensi keguruan yang memadai;
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengembangkan inovasi pendidikan, pembelajaran dan pengajaran Sekolah Dasar (SD) yang unggul berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
- Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam ikut serta memecahkan masalah pendidikan SD melalui riset unggulan atau riset kolaboratif;
- Memperluas jejaring dan mengembangkan kerjasama dalam peningkatan kualifikasi, kompetensi dan kinerja guru SD secara berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan profesi guru dalam jabatan.
- Meningkatkan jumlah dan mutu lulusan yang siap bekerja di bidang pendidikan Guru Sekolah Dasar.
PROFIL LULUSAN
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:
- Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Aspek | Capaian Pembelajaran |
Sikap |
|
Pengetahuan |
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
BAHAN KAJIAN
- Filsafat pendidikan
- Ilmu Pendidikan
- Sosiologi & Antropologi pendidikan
- Pengembangan kurikulum
- Strategi pembelajaran
- Media dan sumber pembelajaran
- Pengembangan Bahan Ajar
- Manajemen Pendidikan
- Asessmen Pembelajaran
- Psikologi
- Bahasa dan sastra Indonesia
- Matematika
- Ilmu pengetahuan alam
- Ilmu Pengetahuan sosial
- Pancasila & kewarganegaraan
- Metodologi Penelitian
- Statistik Terapan
- Seni Budaya dan Prakarya
- Ilmu keolahragaan dan kesehatan
- Bimbingan dan konseling
- TIK pembelajaran
KUALIFIKASI PENDIDIK DAN SPESIFIKASI KEILMUAN
Minimal
- S2 Pendidikan Matematika
- S2 Pendidikan IPA
- S2 Pendidikan IPS
- S2 Pendidikan PKn
- S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
- S2 Pendidikan Dasar
- S2 Ilmu Pendidikan
- S2 Psikologi Pendidikan
- S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
- S2 Manajemen Pendidikan
- S2 Teknologi Pendidikan
Pendukung
- S2 Pendidikan Seni
- S2 Pendidikan Bahasa Inggris
- S2 Pendidikan Olahraga
- S2 Ketahanan Nasional
SARANA PRASARANA DAN SEKOLAH MITRA
Sarana dan Prasarana
- Ruang kuliah dan fasilitasnya
- Ruang pimpinan, Dosen, dan Tenaga kependidikan
- Ruang rapat
- Laboratorium mapel di SD
- Laboratorium Micro Teaching
- Laboratorium ICT
- Ruang baca dan perpustakaan
Struktur Organisasi
No | Nama | Jabatan |
1 | Dr. Iwan Kuswandi, M.Pd | Ketua Prodi |
2 | Elvina S. Taurina, S.Pd | Staf Prodi |
3 | Ike Yuli Mestika Dewi, M.Pd | Bendahara |
4 | Ali Armadi, M.Pd | Akademik |
5 | Dr. Zainuddin, M.Pd | Kemahasiswaan |
6 | Tri Sukitman, M.Pd | Laboratorium |
7 | Yeni Puji Astuti, M.Pd | Perpustakaan |
8 | Syaiful Bahri, M.Pd | Website |