Pendidikan Guru Sekolah Dasar

VISI

Menjadikan Prodi PGSD sebagai Pencetak Tenaga Pendidik, Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang Profesional dan Berkarakter di Bidang ke-SD-an Bertaraf Nasional pada Tahun 2025.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bertumpu pada pembentukan karakter positif dan pengembangan kompetensi keguruan yang memadai;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengembangkan inovasi pendidikan, pembelajaran dan pengajaran Sekolah Dasar (SD) yang unggul berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam ikut serta memecahkan masalah pendidikan SD melalui riset unggulan atau riset kolaboratif;
  4. Memperluas jejaring dan mengembangkan kerjasama dalam peningkatan kualifikasi, kompetensi dan kinerja guru SD secara berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan profesi guru dalam jabatan.
  5. Meningkatkan jumlah dan mutu lulusan yang siap bekerja di bidang pendidikan Guru Sekolah Dasar.

 

PROFIL LULUSAN

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Aspek Capaian Pembelajaran
 Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 Pengetahuan
  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK.
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar.
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran.
 Keterampilan  Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
 Keterampilan  Khusus
  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
  4. Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi.
  7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

 

BAHAN KAJIAN

  1. Filsafat pendidikan
  2. Ilmu Pendidikan
  3. Sosiologi & Antropologi pendidikan
  4. Pengembangan kurikulum
  5. Strategi pembelajaran
  6. Media dan sumber pembelajaran
  7. Pengembangan Bahan Ajar
  8. Manajemen Pendidikan
  9. Asessmen Pembelajaran
  10. Psikologi
  11. Bahasa dan sastra Indonesia
  12. Matematika
  13. Ilmu pengetahuan alam
  14. Ilmu Pengetahuan sosial
  15. Pancasila & kewarganegaraan
  16. Metodologi Penelitian
  17. Statistik Terapan
  18. Seni Budaya dan Prakarya
  19. Ilmu keolahragaan dan kesehatan
  20. Bimbingan dan konseling
  21. TIK pembelajaran

 

KUALIFIKASI PENDIDIK DAN SPESIFIKASI KEILMUAN
       Minimal

  1. S2 Pendidikan Matematika
  2. S2 Pendidikan IPA
  3. S2 Pendidikan IPS
  4. S2 Pendidikan PKn
  5. S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
  6. S2 Pendidikan Dasar
  7. S2 Ilmu Pendidikan
  8. S2 Psikologi Pendidikan
  9. S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
  10. S2 Manajemen Pendidikan
  11. S2 Teknologi Pendidikan

      Pendukung

  1. S2 Pendidikan Seni
  2. S2 Pendidikan Bahasa Inggris
  3. S2 Pendidikan Olahraga
  4. S2 Ketahanan Nasional

SARANA PRASARANA DAN SEKOLAH MITRA
Sarana dan Prasarana

  1. Ruang kuliah dan fasilitasnya
  2. Ruang pimpinan, Dosen, dan Tenaga kependidikan
  3. Ruang rapat
  4. Laboratorium mapel di SD
  5. Laboratorium Micro Teaching
  6. Laboratorium ICT
  7. Ruang baca dan perpustakaan

 

 Struktur Organisasi

No Nama Jabatan
1  Dr. Iwan Kuswandi, M.Pd  Ketua Prodi
2  Elvina S. Taurina, S.Pd  Staf Prodi
3  Ike Yuli Mestika Dewi, M.Pd  Bendahara
4  Ali Armadi, M.Pd  Akademik 
5  Dr. Zainuddin, M.Pd  Kemahasiswaan
6  Tri Sukitman, M.Pd  Laboratorium
7  Yeni Puji Astuti, M.Pd  Perpustakaan
8  Syaiful Bahri, M.Pd  Website